PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII SMPK ST. ISIDORUS 2 SIKUN

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII SMPK ST. ISIDORUS 2 SIKUN

XML

Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII SMPK St. Isidorus 2 Sikun.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Desing, penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk responden penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B SMPK St. Isidorus 2 Sikun. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Data yang diperoleh berupa nilai pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan teknik penggumpulan data berupa teknik tes berupa soal pilihan ganda dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan SPSS 26 untuk melihat uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat kemudian dilanjutkan dengan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: 1) Pada uji normalitas Pada kelas eksperimen dengan nilai signifikansi uji normalitas, yaitu 0.041 sedangkan kelas kontrol 0.019 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji normalitas dari kedua kelas tersebut memiliki nilai sig > 0.05, maka data tersebut berdistribusi normal. 2) Uji homogenitas untuk kedua kelas, diperoleh nilai 0.949 > 0.05 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada, pada uji homogenitas data tersebut berdistribu si homogen (sama). 3) Uji-t dengan menggunakan rumus independent sampel t-test dari tabel output diatas maka diperoleh nilai t = 1.882 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.067 < 0,05 maka dapat simpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas VIII SMPK St. Isidorus 2 Sikun.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yulia De Siti Hoar - Personal Name
Student ID
2001070091
Dosen Pembimbing
Prof. Dr. Drs. Petrus Ly, M.Si - 195912111986011002 - Dosen Pembimbing 1
Dorkas Y. A. Kale, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
87205 Kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi
0

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA