PENGARUH STRATEGI VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DALAM PEMBELAJARAN PKN TERHADAP KECERDASAN MORAL SISWA KELAS X A SMA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH STRATEGI VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DALAM PEMBELAJARAN PKN TERHADAP KECERDASAN MORAL SISWA KELAS X A SMA

XML

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh strategi VCT terhadap kecerdasan moral siswa kelas X A SMA Negeri 4 Kupang,
tujuan utama dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh strategi VCT dalam pembelajaran PKN terhadap kecerdasan moral siswa kelas X A SMA Negeri 4 kupang, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan eksperimen terhadap kelas kontrol dan kelas eksperimen guna mendapatkan data penelitian tentang pengaruh strategi value clarification technique (vct) dalam pembelajaran pkn terhadap kecerdasan moral siswa kelas x a sma.
Hasil uji normalitas kelas eksperimen, memiliki tingkat nilai signifikansi > 0.05 yaitu 0.200 dan 0.013 . Maka dengan melihat dasar pengambilan keputusan
yang ada pada kedua kelas tersebut memiliki taraf nilai sig > 0.05, maka data tersebut dikatakan berdistribusi normal. Pada uji homogenitas untuk kedua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0.106. Sehingga dapat menyimpulkan dengan melihat dasar pengambilan keputusan pada uji homogenitas, hasil dari kedua kelas tersebut memiliki tingkat nilai sig 0.106 > 0.05, maka data tersebut berdistribusi homogen (sama).
Hasil analisis hipotesis menggunakan uji-t sampel independent menunjukan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.002 < 0.05, , sehingga dapat disimpulkan ada
perbedaan yang signifikansi antara mean kecerdasan moral siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa strategi value clarification technique (VCT). memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan moral siswa PPKn.
Penelitian ini di lakukan di SMA Negeri 4 Kupang pada kelas X A sebagai kelas kontrol yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas X b sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode pos tes, dalam hasil analisis data yang dikumpulkan dalam bentuk angket penelitian yang sudah di isi oleh peserta didik peneliti memperoleh data penelitian yang menunjukan efektifnya metode pengaruh Strategi Value Clarification Technique (Vct) Dalam Pembelajaran Pkn Terhadap Kecerdasan Moral Siswa Kelas X A Sma


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Marwan Eduarjo Polly - Personal Name
Student ID
2101070019
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Daud Yefkanius Nassa - 9908419488 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
Daud Yefkanius Nassa - 9908419488 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 lly P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA