Analisis Optimasi Pelayanan Nasabah Dengan Menggunakan Teori Antrian Pada Bank Mandiri (Persero) Tbk Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Optimasi Pelayanan Nasabah Dengan Menggunakan Teori Antrian Pada Bank Mandiri (Persero) Tbk Kupang

XML

Antrian dalam kehidupan sehari-hari sangat sering dijumpai, antrian terjadi pada saat ada pihak yang harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan salah satunya pada Bank Mandiri (persero) Tbk Kupang, antrian terjadi pada sejumlah bagian salah satunya antrian nasabah pada sistem pelayalan teller.
Penelitian ini telah dilakukan di Bank Mandiri (persero) Tbk Kupang, selama 1 bulan, yakni dari 24 Mei 2021 sampai 24 Juni 2021. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh model antrian dan mengetahui performance variabel – variabel sistem total pada proses pelayanan nasabah pada Bank Mandiri (persero) Tbk Kupang.
Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan menggunakan notasi yang digunakan dalam sistem antrian dan analisis kuantitatif dengan menggunakan rumusan model antrian dengan kriteria dan asumsi – asumsi yang sesuai dengan sistem antrian pada proses pelayanan nasabah pada Bank Mandiri (persero) Tbk Kupang.
Struktur model antrian pada proses pelayanan nasabah pada Bank Mandiri (persero) Tbk Kupang adalah Multy Channel- Single Phase dengan 4 fasilitas pelayanan ( pelayanan Teller) dengan model antrian M/M/S/I/I, tidak terdapat antrian panjang karena jumlah rata – rata nasabah perjam pada antrian yaitu 5 nasabah dengan rata – rata waktu nasabah dalam antrian yaitu 0,51 menit dan waktu pelayanan rata – rata yaitu 2,47 menit dan proporsi waktu rata – rata yang dibutuhkan teller untuk melayani nasabah adalah 1,23 % dengan tingkat mengangur 0,9877 %.
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan agar meningkatkan efektivitas pelayanan nasabah pada sistem teller dengan memaksimalkan pelayanan sesuai dengan standar waktu pelayanan.
Kata kunci : Teori Antrian


Detail Information

Item Type
Penulis
Brenda Jinnifen Haga - Personal Name
Student ID
1703020214
Dosen Pembimbing
Yoseba Pulinggomang - 196210301987022001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Elly Lay - 196205151989011001 - Ketua Penguji
Yoseba Polinggomang - 196210301987022001 - Penguji 1
Frengky Dupe - 196010031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 Hag a
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA