ANALISIS PEMASARAN JAGUNG DI DESA TEBA KECAMATAN BIBOKI TAN PAH KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS PEMASARAN JAGUNG DI DESA TEBA KECAMATAN BIBOKI TAN PAH KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

XML

Desa Teba merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan
Biboki Tan Pah, Kabupaten Timor Tengah Utara. Permasalahan yang sering
dihadapi oleh petani jagung di Desa Teba Kecamaatan Biboki Tan Pah adalah
dalam perihal pemasaran hasil produksi jagung. Hal ini karena jarak lokasi
pemasaran dari Desa Teba Kecamatan Biboki Tan Pah ke ibu kota Kabupaten
Timor Tengah Utara sangat jauh sehingga membutuhkan biaya transportasi
yang tinggi, dan petani sangat bergantung pada lembaga pemasaran tersebut
sebagai akibatnya harga jual jagung ditentukan oleh pedagang perantara. Oleh
karena itu, Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui saluran pemasaran
jagung di Desa Teba Kecamatan Biboki Tan Pah Kabupaten Timor Tengah
Utara (2) Untuk mengetahui farmer’s share dan margin pemasaran jagung di
Desa Teba Kecamatan Biboki Tan Pah Kabupaten Timor Tengah Utara (3)
untuk mengetahui efesiensi biaya pemasaran jagung di Desa Teba Kecamatan
Biboki Tan Pah Kabupaten Timor Tengah Utara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran
yang di gunakan dalam pemasaran jagung di Desa Teba Kecamatan Biboki Tan
Pah antara lain: Saluran pemasaran I yakni saluran pemasaran dengan petani
menjual ke pedagang pengumpul kemudian ke konsumen; saluran pemasaran
II yakni saluran pemasaran dimana dalam menyalurkan jagung petani ke
pedagang pengumpul kemudian ke pedagang pengecer lalu pedagang pengecer
menjual jagung sampai ke konsumen. Biaya pemasaran meliputi biaya
transportasi, biaya retribusi, biaya keamanan dan biaya pengepakan. Margin
pemasaran sebesar pada saluran I sebesar Rp.5.000/kg, keuntungan sebesar
Rp 4.969,15/kg dan nilai farmer’s share sebesar 80%, saluran II sebesar
Rp.7.000/kg dan keuntungan sebesaar Rp 6.972,70/kg dan nilai farmer’s share
sebesar 100%. Efisiensi pemasaran sebesar 0,4% pada saluran I dan pada
saluran II sebesar 0,47%. Hal ini menunjukkan bahwa dari kedua saluran
pemasaran jagung dalam penelitian ini pada saluran satu yang di nyatakan
sangat efesien.
Kata kunci: Pemasaran, jagung, Efesiensi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DELSIANA MIMAN - Personal Name
Student ID
2104020115
Dosen Pembimbing
SELFIUS P N NAINITI - 196112301986011001 - Dosen Pembimbing 1
SANTHY CHAMDRA - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Selfius P N Nainiti - 196112301986011001 - Ketua Penguji
SANTHY CHAMDRA - - Penguji 1
MARIA BANO - 19610815 198901 2 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Pertanian
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.01 Mim A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA