Skripsi
Peningkatan Hasil Pembelajaran Tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri Kapan
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas XI SMA Negeri Kapan. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, masing-masing siklus 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru sejarah dan 28 siswa kelas XI SMA Negeri Kapan. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 28 orang dengan hasil 17 orang (60%) memperoleh nilai tuntas dan 11 orang ( 40%) memperoleh nilai tidak tuntas, pada siklus I nilai rata-rata observasi guru (32%). Pada siklus II terdapat 28 orang dengan hasil 27 orang (96%) memperoleh nilai tuntas dan 1 orang (4%) memperoleh nilai tidak tuntas. Perbandingan nilai siklus I dan II kenaikan nilai (96%). Pada siklus II nilai observasi guru rata-rata 37%. Keniakan nilai observasi guru dari siklus I ke siklus II 32%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran sejarah tentang proklamasi kemerdekaan indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri Kapan. Untuk itu pembelajaran sejarah bisa menggunakan model pembelajaran picture and picture dalam melaksanakan pembelajaran sejarah.
Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Sejarah, Picture and picture
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ARYANCE OEMANU - Personal Name
|
Student ID |
1701090088
|
Dosen Pembimbing |
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Dosen Pembimbing 1
STEVRIDAN YANTUS NEOLAKA - 199309242019031010 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Ketua Penguji
STEVRIDAN YANTUS NEOLAKA - 199309242019031010 - Penguji 1 Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 OEM P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |