Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas Xi Sman 1 Langke Rembong

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas Xi Sman 1 Langke Rembong

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1). Proses penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran sejarah kelas XI di SMAN 1 Langke Rembong, (2). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar sejarah kelas XI di SMAN 1 Langke Rembong. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester berjalan SMAN 1 Langke Rembong yang mengalami masalah dengan hasil belajarnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Langke Rembong setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada kelas A dan B. Pada kelas A jumlah peserta didik yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 14 orang dengan presentase 39%, peserta didik yang tidak mencapai KKM menurun yaitu berjumlah 22 orang dengan presentase 64%. Dengan nilai rata-rata kelas 73,61. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dalam hasil belajar, dari 36 peserta didik semuanya memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah dengan presentase 100%. Pada kelas B jumlah peserta didik yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 17 orang dengan presentase 47%. Peserta didik yang tidak mencapai KKM mengalami penurunan yaitu berjumlah 19 orang dengan presentase 53%. Pada siklus II peserta didik yang mencapai KKM berjumlah 36 orang dengan presentase 100%.

Kata kunci : Belajar, Hasil belajar, Pembelajaran sejarah, Pembelajaran berbasis masalah


Detail Information

Item Type
Penulis
YASINTUS REYNALDUS HAGUR - Personal Name
Student ID
1701090001
Dosen Pembimbing
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Dosen Pembimbing 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Penguji 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 GUR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA