PENGARUH PERMAINAN KELOMPOK ULAR NAGA PANJANG TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ADHYAKSA X KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PERMAINAN KELOMPOK ULAR NAGA PANJANG TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ADHYAKSA X KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perngaruh permainan kelompok ular naga panjang terhadap kemampuan bersosialisasi anak usia 5-6 tahun TK Adhyaksa X Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif (quasi-eksperimental) dengan desain one-group pretest-posttes dan dengan sampel sebanyak 15 orang anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini observasi dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan kelompok ular naga panjang memiliki pengaruh terhadap kemampuan bersosialisasi anak yang dapat dilihat dari tiga aspek yang menjadi acuan dalam penelitian ini seperti pada aspek pertama yaitu mengenal perasaan sendiri dan mengelolahnya secara wajar pada aspek ini anak mampu untuk mengotrol emosinya ketika bermain dengan temannya, anak mampu untuk menghargai pendapat temannya dan anak mampu untuk menerima kritik dan saran dari teman sebayanya. Aspek kedua yaitu bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri pada aspek ini anak mampu bekerjasama dengan temannya saat bermain, anak mampu untuk mematuhi aturan permainan, dan anak sudah bisa untuk berbagi peran dengan temannya. Aspek ketiga yaitu bermain dengan teman sebaya aspek ini membantu anak untuk anak dapat bersosialisasi dan berkomunikasi dengan temannya, anak mau untuk mengajak temannya untuk bermain dan anak mau bermain bersama temannya. Hal ini didukung dengan hasil uji hipotesis dengan pengujian uji t dan hasil perhitungan kedua data atau hubungan variabel sebelum dan sesudah di ketahui nilai koefisien korelasi sebesar 46,46 dengan nilai signifikan sebesar 28,00. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpilkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan permainan kelompok ular naga panjang terhadap kemampuan bersosialisasi pada anak usia 5-6 tahun di TK Adhyaksa X Kupang.

Kata Kunci: Permainan ular naga panjang, Kemampuan bersosialisasi


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Kristiani Jenivan - Personal Name
Student ID
2001180037
Dosen Pembimbing
NIRWANING MAKLEAT - 198511032018032001 - Dosen Pembimbing 1
Theodorina N. Seran - 199211092023012039 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Nirwaning Makleat - 198511032018032001 - Penguji 1
Theodorina N. Seran - 199211092023212039 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.07 Jen P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA