PERSEPSI GURU TENTANG KEBIJAKAN PENGUATAN TRANSISI PAUD-SD DI KECAMATAN KOTA SOE KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PERSEPSI GURU TENTANG KEBIJAKAN PENGUATAN TRANSISI PAUD-SD DI KECAMATAN KOTA SOE KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Adanya miskonsepsi terkait dengan masa transisi PAUD-SD yang terjadi dikalangan guru, dimana pembelajaran di PAUD yang masih berpusat pada pembelajaran membaca, menulis dan berhitung (calistung) dan pemahaman yang keliru bahwa tes masuk ke jenjang SD harus menggunakan tes calistung sebagai alat ukur kemampuan anak. Sehingga Kemendikbudristek menerbitkan kebijakan penguatan transisi PAUD-SD yang memuat 3 target perubahan, diantaranya: tidak ada tes membaca, menulis dan berhitung pada saat penerimaan peserta didik baru, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik selama dua minggu pertama dan menerapkan pembelajaran yang membangun enam fondasi anak. Permasalahan dalam penelitian ini ialah banyaknya sekolah PAUD maupun SD di Kecamatan Kota Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan yang masih mengalami miskonsepsi terkait dengan masa transisi PAUD-SD walaupun sudah ada surat edaran dari kemendikbudristek tentang bagaimana kebijakan yang berlaku pada masa transisi PAUD-SD. Merujuk dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru tentang kebijakan penguatan transisi PAUD-SD di Kecamatan Kota Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di lima sekolah yang berada di Kecamatan Kota Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan, diantaranya 2 taman kanak-kanak dan 3 sekolah dasar, yaitu SD Inpres Oenasi, SD Inpres Nonohonis, SD Kristen Anugerah Soe, TK Satu Atap Nonohonis, dan TK Anugerah Soe. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan penguatan transisi PAUD-SD belum sepenuhnya diterapkan disekolah lokasi penelitian terkhususnya untuk kebijakan target perubahan pertama dan kedua, alasannya karena masih adanya anggapan bahwa dengan menggunakan tes calistung guru dapat mengukur kemampuan peserta didik dan anggapan bahwa masa pengenalan lingkungan sekolah selama dua minggu akan memakan waktu yang lama sehingga penerapan kebijakan ini belum sepenuhnya dijalankan.
Kata Kunci : Persepsi, guru, kebijakan transisi PAUD-SD


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Debora Samoy - Personal Name
Student ID
2001180026
Dosen Pembimbing
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
Credo G. Betty - 199012252018031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Angelikus N. Koten, M.Pd NIP. 19610916 198702 1 001 - - Ketua Penguji
Credo G. Betty - 199012252018031001 - Penguji 1
Kristin Margiani, S.Psi.,M.Psi - 198003252008122003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.07 Sam P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA