Skripsi
Permainan Memancing Angka Dalam Meningkatkan Pemahamankonsep Bilangan Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di TK Tunas Harapan Emaus Liliba
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permainan memancing angka dalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak usia dini pada Kelompok B di TK Tunas Harapan Emaus Liliba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek observasi 15 orang anak usia dini dan subjek wawancaranya 2 orang guru. Teknik analisis adalah pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan pada pemahaman konsep bilangan dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10, mengelompokkan lambang bilangan, mencocokan bilangan, pada anak usia dini saat guru melakukan proses pembelajaran menggunakan permainan memancing angka. Meningkatnya pemahaman konsep bilangan anak seperti mengenal angka 1-10, menyebutkan 1-10, mencocokan dan mengelompokkan lambang bilangan 1-10 sesuai wujudnya saat menggunakan permainan memancing angka dilihat dari pemahaman konsep bilangan yang awalnya Belum Berkembang (BB) menjadi Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan memancing angka merupakan salah satu alternatif menarik dan menyenangkan untuk pembelajaran mengenalkan konsep bilangan sederhana pada anak usia dini khususnya di TK Tunas Harapan Emaus Liliba.
Kata Kunci: Permainan memancing angka, pemahaman konsep bilangan, anak usia dini.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NOFRIANI TEFBANA - Personal Name
|
Student ID |
2001180048
|
Dosen Pembimbing |
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
Ronald D.A. Fufu - 199210132019031012 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Ketua Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 1 Ronald D.A. Fufu - 199210132019031012 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.07 TEF P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |