Skripsi
ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI KELAPA LIMA
XML
Strategi guru adalah metode yang digunakan oleh guru dengan berbagai bidang materi dan digunakan untuk memenuhi berbagai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial anak usia dini di TK Negeri Kelapa Lima. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah 2 orang guru dengan teknik keabsahan data triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial anak usia dini di TK Negeri Kelapa Lima adalah dengan menggunakan metode pembelajaran seperti metode bercakap-cakap, metode bercerita, metode tanya jawab, metode bermain peran, metode bermain bersama (kelompok), media pembelajaran seperti,media permainan-permainan dalam kelas, media buku cerita bergambar, media video/film pendek dan model pembelajaran seperti model pembelajaran STEAM (sciense technology engineering art and mathematics) dan model pembelajaran bermain sosial.
Kata Kunci : Strategi guru, kecerdasan sosial, anak usia dini
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yusti Manu - Personal Name
|
Student ID |
2001180061
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Angelikus N.Koten., M.Pd - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
Sartika Kale, S.Pd.,MP.d - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Theodorina N. Seran, S.Pd, M.Pd - - Ketua Penguji
Dr. Angelikus N. Koten, M.Pd NIP. 19610916 198702 1 001 - - Penguji 1 Sartika Kale, S.Pd.,MP.d - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.07
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |