Penerapan Model Pembelajaran Lok-R Untuk Meningkatkan Hasil Belaja Sejarah Siswa Kelas X Pemasaran SMK KRISTEN NIKI-NIKI

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Lok-R Untuk Meningkatkan Hasil Belaja Sejarah Siswa Kelas X Pemasaran SMK KRISTEN NIKI-NIKI

XML

Masalah yang digunakan dalam penelitian ini ialah dilihat dari nilai ulangan siswa yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang pemahaman konsep dasar ilmu sejarah melalui penerapan model pembelajaran LOK-R pada kelas X Pemasaran di SMK Kristen Niki-Niki. Dengan Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan Metode yang digunakan adalah metode stimulus melalui tayangan video, tanya jawab, diskusi kelompok dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi guru dan siswa, tes hasil belajar dan studi dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Pemasaran SMK Kristen Niki-Niki berjumlah 21 orang. Prosuder penelitian dilakukan dengan empat langkah meliputi: 1. Tahap perencanaan 2. Tahap pelaksanaan 3. Tahap pengamatan 4. Tahap refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas X Pemasaran SMK Kristen Niki-Niki setelah diterapkannya pembelajaran LOK-R mengalami peningkatan kemampuan kognitif dan peningkatan keaktifan belajar karena siswa dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari nilai ulangan harian siswa yang masih rendah dengan jumlah siswa 21 orang, jumlah peserta didik yang mencapai KKTP pada siklus I sebanyak 13 siswa dengan presentase 61,90%, peserta didik yang belum mencapai KKTP sebanyak 8 siswa dengan presentase 38,09%. Dengan nilai rata-rata pada siklus I presentase 71,90% dan Pada siklus II hasil peserta didik mengalami peningkatan dari 21 orang peserta didik semua dinyatakan tuntas dengan presentase 100%. Hasil observasi aktivitas guru sebesar 66,07% kemudian pada Siklus II meningkat menjadi 91,07%. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan. Dimana pada Siklus I hasil observasi siswa sebesar 50,79% dan pada siklus II meningkat menjadi 84,92%. Penelitian ini menunjukan pembelajaran LOK-R merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang beragam karena pembelajaran LOK-R menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa sehingga semua siswa mencapai potensi belajar secara maksimal.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Magdalena Tasoin - Personal Name
Student ID
2001090072
Dosen Pembimbing
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 1
Dr Malkisedek Taneo M.si - 196704021994031003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Ketua Penguji
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Penguji 1
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Tas P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA