Skripsi
Perencanaan Strategis Satuan Pendidikan Nonformal Di Kota Kupang (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Obor Timor Ministry)
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana perencanaan strategis satuan pendidikan nonformal di PKBM Obor Timor Ministry, (2) faktor pendukung dan penghambat perencanaan strategis satuan pendidikan nonformal di PKBM Obor Timor Ministry. Tujuan penelitian meliputi: (1) untuk mendapatkan gambaran perencanaan strategis satuan pendidikan nonformal di PKBM Obor Timor Ministry, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat perencanaan strategis satuan pendidikan nonformal di PKBM Obor Timor Ministry. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan subjek penelitian pengelola PKBM, tutor dan masyarakat atau warga belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dalam mendirikan satuan pendidikan nonformal, PKBM Obor Timor Ministry melakukan perencanaan strategis lembaga dengan langkah melakukan survey, mengidentifikasi kebutuhan, menetapkan visi, misi dan tujuan lembaga. Adapun dalam perencanaan strategis Satuan Pendidikan Nonformal, PKBM Obor Timor Ministry melakukan tiga tahapan yaitu; melakukan studi kelayakan, analisis studi kelayakan, dan menetapkan daerah pengembangan. Pada tahap melakukan studi kelayakan dengan memperhatikan tingkat penghidupan masyarakat, sarana pendidikan yang ada, sumber mata pencaharian penduduk, potensi alam dan lingkungannya, kesehatan lingkungan (gizi, kondisi rumah), tata cara bersama, adat istiadat, kebiasaan, sarana peribadatan dan kegiatan-kegiatan keagamaan dan sifat khas masyarakat yang menonjol, PKBM telah melakukan studi kelayakan terlebih dahulu dengan memperhatikan setiap aspek berdasarkan survey dan identifikasi kebutuhan di lingkungan baik itu secara internal dan eksternal. Namun belum mendapat apresiasi masyarakat. Oleh sebab itu diperlukan perencanaan strategis lembaga agar keberadaannya dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Pada tahap analisis studi kelayakan yang dilakukan PKBM Obor Timor Ministry adalah berdasarkan kelayakan tempat dan kebutuhan masyarakat sehingga adanya penetapan rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang yang dilakukan lembaga untuk mengembangkan lembaga. Tahap menetapkan daerah pengembangan meliputi; menentukan lokasi, merumuskan tujuan, menentukan populasi sasaran, mengidentifikasi kebutuhan belajar, merencanakan penyampaian yang tepat, dan menetapkan tugas-tugas pengembangan dan pelaksanaan kegiatan. Dalam menetapkan daerah pengembangan, adanya penerapan visi,misi dan tujuan lembaga yang jelas sehingga dalam pengembangannya, lembaga dapat terus berkembang. (2) faktor pendukung dan penghambat perencanaan strategis satuan pendidikan nonformal di PKBM Obor Timor Ministry meliputi, faktor pendukung; pemimpin yang berjiwa visioner, warga belajar, tutor yang berkarakter, inovatif dan fasilitas yang memadai serta memiliki mitra kerja, faktor penghambat; dana, fasilitas gedung dan komputer.
Kata Kunci: Perencanaan Strategis Satuan Pendidikan Nonformal, PKBM Obor Timor Ministry
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Martheda Maarang - Personal Name
|
Student ID |
1701170047
|
Dosen Pembimbing |
ABDUL SYUKUR - 198011162008121001 - Dosen Pembimbing 1
NIRWANING MAKLEAT - 198511032018032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gallex Simbolon - 198910042018031001 - Ketua Penguji
Nirwaning Makleat - 198511032018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Luar Sekolah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.05 Maa P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |