Penggunaan Website Genially Untuk meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Website Genially Untuk meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kupang

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya minat dalam belajar sejarah dan peserta didik cepat bosan dengan media yang digunakan sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswapada mata pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sejarah menggunakan website genially. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian penelitian siswa di kelas X-3 adalah 36. Prosedur penelitian dilaksanakan
dengan empat langkah yang meliputi: 1. Tahap Perencanaan 2. Tahap Pelaksanaan 3.
Tahap Observasi 4. Tahap Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Data yang
terkumpul adalah dari tes belajar, observasi dan studi dokumen. Ketercapaian tujuan
pembelajaran adalah ≥80%. Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan
website genially dengan prosedur: (1) Guru menyiapkan bahan ajar dan alat, serta
media website genially untuk pembelajaran, (2) Guru menyampaikan materi sebagai
pendahuluan, (3) Penyampaian materi menggunakan media website Genially, dan
menjawab kuis yang berikan. Pembagian peran kepada masing-masing peserta didik dalam kelompok dan guru memberi peran dan menjelaskan tugas masing-masing kelompok, (4) Guru membagikan bahan ajar atau permasalahan kepada masing-masing kelompok, (5) Siswa dapat berdiskusi dalam kelompok setelah pennyampaian materi, Guru membimbing pelaksanaan diskusi dalam kelompok, Siswa melakukan presentasi, Siswa dapat mengerjakan kuis yang diberikan, (6) Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, Guru melakukan evaluasi individual terkait bahan ajar, dapat menigkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 7 Kupang. Ini dapat diketahui pada pelaksanaan siklus I yang mencapai KKTP yaitu 38,89% sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II dan mencapai 86,11%


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Arnalda Tri Wandi - Personal Name
Student ID
2001090064
Dosen Pembimbing
Flafius S. Rato, S.Pd., M.Pd. - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 1
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Flafius S. Rato - - Ketua Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 1
Delsy A.Dethan, - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Wan P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA