Penggunaan Media E-Learning Dalam Pembelajaran Filsafat Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Semester Vi Program Studi Pendidikan Sejarah Fkip Undana Tahun 2020/2021

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Media E-Learning Dalam Pembelajaran Filsafat Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Semester Vi Program Studi Pendidikan Sejarah Fkip Undana Tahun 2020/2021

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Filsafat Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah semester VI FKIP UNDANA dengan menggunakan media E-Learning tahun akademik 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bentuk siklus atau tahapan dari serangkaian proses dimulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan observasi, dan evaluasi refleksi. Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Sejarah perlu menggunakan Media E-Learning. Dengan menggunakan media E-Learning, hasil pembelajaran dapat meningkat. Mahasiswa dapat bekerja secara mandiri untuk mengidentifikasi masalah, merencanakan, melaksanakan, menyiapkan laporan akhir, memaparkan dan mengevaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa 39 orang dan 10 butir kuisioner maka diperoleh 390 responden. Perolehan pada siklus I menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa yang mencapai KKM ≥ 75¬ dengan respon terhadap kuisioner yang menjawab “Ya” adalah 231 sehingga diperoleh persentase 59,24%, mahasiswa yang tidak mencapai KKM ≥ 75 dengan respon terhadap kuisioner yang menjawab “ Tidak” adalah 159 sehingga diperoleh persentase 40,76”, sedangkan hasil Siklus II menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa yang mencapai KKM ≥ 75 dengan respon terhadap kuisioner yang menjawab “Ya” adalah 372 sehingga diperoleh persentase 95,4%, mahasiswa yang tidak mencapai KKM ≥ 75 dengan respon terhadap kuisioner yang menjawab “Tidak” adalah 18 sehingga diperoleh persentase 4,6%. Berdasarkan hasil Siklus I dan Siklus II di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media E-Learning dalam pembelajaran Filsafat Sejarah dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Undana Tahun 2020/2021. Sehingga dengan menggunakan media E-Learning pembelajaran lebih efektif, kreatif, aktif dan tidak membosankan.
Kata kunci: Belajar, Hasil Belajar, Media E-Learning, Pembelajaran Sejarah.


Detail Information

Item Type
Penulis
ANRI MARTUA SIREGAR - Personal Name
Student ID
1701090055
Dosen Pembimbing
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Dosen Pembimbing 1
FRANSINA APRILYSE NDOEN - 198608022014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Penguji 1
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 GAR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA