Skripsi
PENERAPAN PERATURAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK DI TK ATTIN NAMOSAIN
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk peraturan kelas yang diterapkan dalam meningkatkan kedisiplinan anak di TK Attin Namosain, serta apa saja faktor yang mempengaruhi penerapan peraturan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK Attin Namosain yang beralamat di Jln.Ikan Kombong, Kecamatan Alak, Kota Kupang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informan terdiri dari 3 orang guru yang mengajar di TK Attin Namosain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peraturan kelas yang diterapkan di TK Attin Namosain yaitu datang sekolah tepat waktu, berdoa sebelum dan sesudah belajar, masuk dan keluar kelas memberikan salam, berbaris dengan rapi sebelum masuk kelas, duduk dengan tenang saat pelajaran dimulai, merapikan alat permainan setelah bermain, tidak boleh berkelahi dengan teman, dan membuang sampah pada tempatnya. Sedangkan faktor yang mempengaruhi peraturan kelas yaitu guru dan orang tua. Guru dan orang tua bisa saja menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan peraturan kelas seperti pengetahuan guru, konsisten, keterlambatan guru dan ketidak konsistenan orang tua dalam menerapkan peraturan di rumah.
Kata Kunci: Peraturan kelas, Faktor yang mempengaruhi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Aurelia Yenianti Lele - Personal Name
|
Student ID |
2001180065
|
Dosen Pembimbing |
Credo G. Betty - 199012252018031001 - Dosen Pembimbing 1
Theodorina N. Seran - 199211092023012039 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Credo G. Betty - 199012252018031001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.07 Lel P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |