PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X1 DI SEKOLAH MENENGAH AGAMA KRISTEN TARUS KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X1 DI SEKOLAH MENENGAH AGAMA KRISTEN TARUS KABUPATEN KUPANG

XML

Rendahnya jeaktifan belajar siswa di SMAK Tarus Kabupaten Kupang menjadi teliti.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap keaktifan belajar siswa. Penelitian dilakukan di kelas X1 Ips SMAK Tarus kabupaten Kupang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 IPS di SMAK Tarus Kabuten Kupang, sampel dalam penelitian ini seluruh siswa yang menjadi populasi.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi eksperimen. Hasil perhitungan validitas menunjukan nilai rhitung untuk setiap item soal lebih besar dari rtabel ( 0,3610) sehingga soal dinyatakan valid sedangkan uji Reliabilitas dengan cronbach’s alpha 0,854 sehingga dapat dinyatakan alat ukur dalam penelitian ini reliable.
Hasil penelitian ,hasil uji normalitas dengan menggunakan Kolmogrof smirnov menunjukan kelas eksperimen (0,051) dan kelas kontrol (0,067) lebih besar dari (0,005). Hasil uji heteroskedastisitas menunjukan model Think Pair Share (0,826) > (0,05), hasil uji hipotesis uji t menunjukan nilai thitung (5.000) > ttabel (2,0896) dengan nilai sig (0,001) < (0,005), hasil uji beda rata rata menunjukan nilai rata rata kelas kontrol sebesar 67,95 sedangkan kelas eksperimen sebesar 80,23 sehingga menunjukan adanya perbedaan keaktifan belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa.


Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif,Think Pair Share,Keaktifan Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Jeckhy S. Ndaparoka - Personal Name
Student ID
1801080085
Dosen Pembimbing
Ari Data - 197209022003121003 - Dosen Pembimbing 1
Erika Feronika BR Simanungkalit - 199212222019032017 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Agustina Butar Butar - 198808172022032006 - Ketua Penguji
Ari Data - 197209022003121003 - Penguji 1
ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872. 03 Nda P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA