Skripsi
Habituasi Profil Pelajar Pancasila Oleh Guru PPKn Kepada Siswa Di SMP Negeri 20 Kupang
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan proses habituasi profil pelajar pancasila yang dilakukan guru PPKn kepada siswa di SMPN 20 Kupang dan bagaimana tantangan proses habituasi profil pelajar Pancasila oleh guru PPKn kepada siswa.Penelitian in menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari informan melalui wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari data sekolah. Metode pengumpulan informasi yang digunakan ialah observasi, wawancara dengan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa habituasi profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PPKn, pelaksanaan proyek berbasis nilai-nilai kebangsaan, dan pembiasaan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah. Guru PPKn memiliki peran strategis dalam memberikan teladan, membimbing siswa untuk mema hami nilai-nilai Pancasila, serta menciptakan suasana pembelajaran yang mendukung internalisasi nilai-nilai tersebut. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam proses habituasi, seperti perbedaan tingkat pemahaman siswa, kurikulum yang baru keterbatasan waktu, dan dukungan dari lingkungan keluarga.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Juliana Ponto - Personal Name
|
Student ID |
2101070109
|
Dosen Pembimbing |
Fredik L. Kollo,S.Pd.M.Pd - 19920208 202203 1 009 - Dosen Pembimbing 1
Fadil Mas'ud - 199003052023211022 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Melinda Ratu Radja, S.H.,M.Pd - 199405162024062001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Pon H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |