Perencanaan Strategis Satuan Pendidikan Nonformal Di Kota Kupang (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Bintang Flobamora)

Detail Cantuman

Skripsi

Perencanaan Strategis Satuan Pendidikan Nonformal Di Kota Kupang (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Bintang Flobamora)

XML

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui perencanaan strategis satuan pendidikan nonformal di PKBM Bintang Flobamora, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam perencanaan strategis satuan pendidikan nonformal di PKBM Bintang Flobamora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan subyek penelitian pengelola PKBM, sekertaris PKBM, tutor dan warga belajar. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu perpanjang pengamatan, trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses perencanaan strategis di satuan PKBM Bintang Flobamora yaitu melakukan studi kelayakan, analisis studi kelayakan dan menetapkan daerah pengembangan. Tetapi, masyarakat masih memandang sebelah mata pendidikan nonformal dan warga belajar beranggapan bahwa ijazah paket A, B, C tidak dapat melajutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Hal tersebut disebabkan karena warga belajar berpandangan bahwa ijazah pendidikan nonformal di cetak oleh PKBM dan tidak memiliki Nomor Induk Siswa Nasional. Kemudian pengelola PKBM tidak memotivasi warga belajar yang telah dibekali dengan pengetahuan dan dinyatakan lulus dari PKBM untuk tetap belajar. Oleh karena itu, warga belajar yang ingin mengikuti tes masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya tidak dapat bersaing di dunia usaha dan dunia industri. Faktor pendukung perencanaan strategis di satuan PKBM Bintang Flobamora diantaranya yaitu: (a) tempat belajar yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat; (b) tutor yang rela mengajar dan mendidik warga belajar; (c) warga belajar selalu meningkat setiap tahun ajaran baru; (d) fasilitas yang memandai. Sedangkan, faktor penghambat perencanaan strategis di satuan PKBM Bintang Flobamora adalah (a) kesadaran dan kehadiran warga belajar untuk mengikuti proses pembelajaran masih kurang. (b) sumber pendanaan di PKBM Bintang Flobamora masih minim.

Kata Kunci: Perencanaan Strategis Satuan PNF, PKBM Bintang Flobamora


Detail Information

Item Type
Penulis
Lambertus Missa - Personal Name
Student ID
1701170031
Dosen Pembimbing
ABDUL SYUKUR - 198011162008121001 - Dosen Pembimbing 1
NIRWANING MAKLEAT - 198511032018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gallex Simbolon - 198910042018031001 - Ketua Penguji
Nirwaning Makleat - 198511032018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 Mis P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA