Skripsi
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI NUNUMEU KOTA SOE
XML
Strategi dalam dunia pendidikan merupakan suatu rencana yang dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kemampuan berhitung permulaan adalah salah satu aspek penting dalam perkembangan kognitif Anak Usia Dini (AUD), yang meliputi kemampuan mengenali urutan bilangan, menghubungkan simbol dengan benda, serta memahami konsep penjumlahan dan pengurangan melalui kegiatan yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Nunumeu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara terhadap dua orang guru dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mewujudkan strategi pembelajaran berhitung permulaan, guru menggunakan tiga komponen utama, yaitu: (1) metode pembelajaran, di mana guru menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui kegiatan bermain sambil belajar dan menyanyi, (2) model pembelajaran yang diterapkan adalah area matematika, dan (3) media pembelajaran yang digunakan adalah bahan loose part.
Kata Kunci: Strategi guru, kemampuan berhitung permulaan, anak usia 5-6 tahun
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Erna Yunita Koy - Personal Name
|
Student ID |
2001180072
|
Dosen Pembimbing |
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Dosen Pembimbing 1
M.K.P. Abdi Keraf - 19760911 2008812 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
KAMELIA OLGA LITNA - - Ketua Penguji
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Penguji 1 M.K. P Abdi Keraf - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.07 Koy S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |