Pengaruhmedia Pembelajaran Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 12 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruhmedia Pembelajaran Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 12 Kota Kupang

XML

Assemblr Edu adalah sebuah platform pembelajaran berbasis augmented reality (AR) yang dirancang untuk membantu siswa memahami konsep-konsep kompleks dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan.Proses pembelajaran di SMA Negeri 12 Kota Kupang belum menggunakan banyak media pembelajaran sehingga peneliti ingin menerapkan media assmblr edu sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran assemblr edu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 12 Kupang. Bagaimana pengaruh media pembelajaran assemblr edu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri12 Kota Kupang? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran assemblr edu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 12 Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Desain penelitian Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 88 orang. Sampel yang di gunakan yaitu kelas Ixa yang berjumlah 29 orang dan kelas XIc berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu, observasi, teknik tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis independent sampel test. Hasil analisis in dependent sampel T-test dengan nilai signifikan sebesar 0,000 sehingga berdasarkan pengambil keputusan uji independent sampel Test nilai sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak H1 diterima sehingg a dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikansi antara kelas yang belum menggunakan menggunakan media pembelajaran assemblr edu dan yang sudah menggunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga terbukti hipotesisnya. Sedangkan niali uji N-gain menunjukan perbedaan hasil nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 68% yang tergolong dalam kategori efektif, dan pada kelas kontrol menunjukan hasil sebesar 6% dikarenakan perbedaan perlakuan yang diberikan penjelasan materi menggunakan media pembelajaran assemblr edu, sehingga dapat disimpulkan bahwa media essemblr edu merupakan media yang dapat meningkatkan hasil belajar dan terbukti efektif.

Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Assmblr Edu


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FRANSISKA YECI BERE - Personal Name
Student ID
2101100009
Dosen Pembimbing
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Dosen Pembimbing 1
andrinata - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Ketua Penguji
Andrinata - - Penguji 1
Sukmawati - 19890917 202203 2 006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 BER P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA