Skripsi
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KUPANG
XML
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kota Kupang dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana implikasi motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model hubungan kausal. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi belajar berkontribusi secara positif sebesar 0,353 dan signifikan dengan nilai signifikansi 0,041 terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini diperkuat oleh nilai t hitung sebesar 2,069 yang lebih besar dari nilai t tabel 1,660 (2,069 > 1,660), yang menunjukkan bahwa apabila motivasi belajar siswa meningkat, maka pencapaian hasil belajarnya pun akan lebih baik. Sementara itu, disiplin belajar juga memberikan pengaruh positif sebesar 0,583 dan signifikan dengan nilai signifikansi 0,000. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 5,292 yang melebihi t tabel (5,292 > 1,660), yang mengindikasikan bahwa peserta didik yang menunjukkan tingkat kedisiplinan belajar lebih baik cenderung memperoleh hasil belajar yang baik. Secara keseluruhan, motivasi dan disiplin belajar secara bersamaan memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui nilai F hitung sebesar 16,415 yang melampaui F tabel 3,09 (16,415 > 3,09), dengan tingkat signifikansi 0,000 yang berada di bawah batas signifikansi 0,05. Temuan ini menggarisbawahi bahwa kedua faktor tersebut secara bersama-sama berperan penting dalam mendukung peningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MATCE ELFIANI NUBATONIS - Personal Name
|
Student ID |
1801080097
|
Dosen Pembimbing |
Markus U.K.Yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 1
Alfridus Mau Manek - 199405282022031013 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 Nub P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |