Skripsi
DESAIN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BAGI SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 20 KOTA KUPANG
XML
Penelitian ini didasarkan pada kecenderungan guru yang tidak memperhatikan kebutuhan dan minat belajar peserta didik yang beragam, sehingga peserta didik tidak dapat terlibat aktif selama proses pembelajaran yang berdampak pada motivasi dan hasil belajar. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran berdiferensiasi yang efektif pada materi teorema Pythagoras bagi siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 20 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary design, design experiment, dan retrospective analysis. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data mencakup asesmen diagnostik, asesmen sumatif, observasi dan wawancara. Data hasil wawancara dan observasi dianalisis mennggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil asesmen dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran berdiferensiasi konten pada materi teorema Pythagoras yang terbukti valid dan efektif dengan tingkat keberhasilan 85.18%. Hasil observasi menunjukan bahwa aktivitas peserta didik mencapai 82.14% dan termasuk dalam kategori sangat baik serta mampu mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam diskusi dan bekerjasama selama pembelajaran. Oleh karena itu Pembelajaran berdiferensiasi mampu memfasilitasi peserta didik sesuai dengan tingkat kemampuannya
Kata kunci: Desain pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, teorema Pythagoras
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Fransiskus Iwan Baka - Personal Name
|
Student ID |
2001030034
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Ketua Penguji
Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Penguji 1 Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Bak D
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |