Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tentang Bunyi Dan Perambatannya Di Sd Inpres Bandu Kabupaten Rote Ndao

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tentang Bunyi Dan Perambatannya Di Sd Inpres Bandu Kabupaten Rote Ndao

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Bandu Kabupaten Rote Ndao. Penelitian kuantitatif deskriptif ini menggunakan metode eksperimen jenis pre-eksperimen dengan menggunakan model pendekatan One-Group Pretest-posttest design .Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Bandu yang berjumlah 19 siswa.Sampel penelitian adalah kelompok kontrol berjumlah 9 siswa dan kelompok ekperimen berjumlah 10 siswa. Perlakuan yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah model pembelajaran inkuiri terbimbingsedangkan pada kelas kontroladalah model konvensional. Ada 5 langkah dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbingyaitu 1).Menemukan masalah 2).Pengumpulan data untuk memperoleh kejelasan, 3).Pengumpulan data untuk mengadakan percobaan, 4).Perumusan keterangan yang diperoleh, 5). Analisis proses inquiry
Hasil analisis data statistic menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dari instrument penelitian setiap item soal valid karena nilai rhitung > nilai rtabel dan reliabel Karena nilai cronbach alpha 0,927masuk dalam kategori reliabilitas tingkat tinggi serta berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.Berdasarkan uji normalitas, didapatkan hasil bahwa nilai terhadap hasil belajar pretest dan posttest pada semua aspek terdistribusi normal. Hasil analisis deskriptif menujukan bahwa rata-rata nilai kemampuan siswa yang dibelajrakan dengan model discovery learning sebesar 80,00 sedangkan rata-rata nilai kemampuan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional sebesar 66,67. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbingmemiliki pengaruh yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci :Inkuiri Terbimbing, hasil belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Melianus Nubatonis - Personal Name
Student ID
1601140079
Dosen Pembimbing
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 2
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 Kue W
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA