IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI TK BARUNAWATI KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI TK BARUNAWATI KUPANG

XML

Implementasi pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sangat penting untuk diterapkan bagi anak usia dini di lembaga PAUD karena dapat mendorong anak untuk berpikir kreatif, meningkatkan kreativitas, serta anak mampu mengidentifikasi permasalahan yang terjadi disekitarnya dan menemukan solusinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di TK Barunawati Kupang. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan informan yang diteliti yakni 1 kepala sekolah dan 2 orang guru di TK Barunawati Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi teknik, yakni data yang diperoleh dari hasil wawancara setelah itu dicek dengan data hasil dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengimplementasikan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di TK Barunawati Kupang dilakukan melalui tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan, guru melakukan pembuatan rencana kegiatan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) berupa pembentukan tim fasilitator/pelaksana kegiatan, menyusun alur rancangan kegiatan yang meliputi penyusunan modul projek, penyiapan media, serta membuat format asesmen pelaporan hasil projek, pada tahapan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5), guru melakukan kegiatan projek melalui tahap permulaan, tahap pengembangan, dan tahap penyimpulan, pada tahapan evaluasi, guru melakukan evaluasi dengan memberikan refleksi terhadap pelaksanaan kegiatan projek yang dilakukan melalui pemberian penilaian: ceklis, anekdot, hasil karya dan foto berseri.

Kata Kunci: Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), PAUD


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Safira Lala - Personal Name
Student ID
2001180092
Dosen Pembimbing
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Dosen Pembimbing 1
Theodorina N. Seran - 199211092023012039 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yohana Yuniati - - Ketua Penguji
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Penguji 1
Theodorina N. Seran - 199211092023212039 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.07 Lal I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA