KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIIIA UPTD SMP NEGERI 1 ATAP LANDU MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

Detail Cantuman

Skripsi

KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIIIA UPTD SMP NEGERI 1 ATAP LANDU MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

XML

Fokus penelitian ini adalah Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Atap Landu Melalui Media Audio Visual. Dengan rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran melalui media audio visual tentang menulis teks eksposisi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Atap Landu? Tujuan yang akan dicapai dalam penilitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran melalu media audio visual dalam menigkatkan hasil belajar siswa tentang menulis teks eksposisi di kelas VIIIA SMP Negeri 1 Atap Landu. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik Deskriptif Kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subjek penelitian berjumlah tahapan 19 orang peserta didik, dengan rincian laki-laki berjumlah 8 orang, dan perempuan berjumlah 11 orang.
Penelitian ini dilakukan di VIIIA SMP Negeri 1 Atap Landu Baru dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan pra-siklus, skor dari 19 subjek penelitian yang tuntas 10 orang peserta didik (52,6%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, mampu mengerjakan tes yang diberikan guru dan yang tidak tuntas 9 orang peserta didik (47,4%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru. Sedangkan skor siklus I dari 19 subjek yang tuntas berjumlah 15 peserta didik (78,95%) tuntas karena sudah aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanya tentang materi yang belum dipahami. Dan yang tidak tuntas berjumlah 4 peserta didik (21,05%) tidak tuntas karena masih terlihat pasif dalam pembelajaran dan malu bertanya terhadap materi yang belum dimengerti. Selanjutnya skor siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan bahwa dari 19 subjek penelitian maka siswa yang tuntas 19 orang (100%) tuntas karena nilai siswa sudah mencapai KKM dan sudah mampu menemukan masalah, menganalisis dan memecahkan masalah dengan tepat. Sesuai hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan audio visualdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis teks eksposisi di SMP Negeri 1 Atap Landu.
Kata Kunci :Media Audio Visual, Menulis Teks Eksposisi, dan Hasil Belajar di SMP Negeri 1 Atap Landu


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901010093
Dosen Pembimbing
Dr. Labu Djuli, M.Hum - - Dosen Pembimbing 1
Drs. Samuel H. Nitbani. M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Alex Djawa, M.Hum - - Ketua Penguji
Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Penguji 1
Drs. Samuel H. Nitbani. M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Sal. K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA