Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Di Kelas V SD Negeri Hailean Kabupaten Rote Ndao

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Di Kelas V SD Negeri Hailean Kabupaten Rote Ndao

XML

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas V SD Negeri Hailean Kabupaten Rote Ndao. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Hailean yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes sedangkan teknik analisis data, dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 dari jumlah 20 siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 45% aktivitas guru pada siklus 1 mencapai 65,62% dengan kategori baik, sedangkan aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai 66,71% dengan kategori baik. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas adalah 20 siswa dengan persentase 100%, aktivitas guru pada siklus II meningkat menjadi 98,78% dengan kategori sangat baik, sedangkan aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 91,67% dengan memperoleh kategori sangat baik.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Satrya Enggelina Lay - Personal Name
Student ID
1801140012
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LAY P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA