Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Di Kelas V SD Negeri Hailean Kabupaten Rote Ndao
XML
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas V SD Negeri Hailean Kabupaten Rote Ndao. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Hailean yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes sedangkan teknik analisis data, dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 dari jumlah 20 siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 45% aktivitas guru pada siklus 1 mencapai 65,62% dengan kategori baik, sedangkan aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai 66,71% dengan kategori baik. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas adalah 20 siswa dengan persentase 100%, aktivitas guru pada siklus II meningkat menjadi 98,78% dengan kategori sangat baik, sedangkan aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 91,67% dengan memperoleh kategori sangat baik.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Satrya Enggelina Lay - Personal Name
|
Student ID |
1801140012
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 LAY P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |