Skripsi
Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Bagi Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Di Kelas X Teknik Gambar Bangunan Smkn Oeolo
XMLTujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi pembelajaran siswa tentang sejarah masuk dan berkembangngnya agama Islam di Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation bagi siswa kelas X TGB di SMKN Oeolo dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Pendidikan pada hakekatnya adalah suatu proses yang dilakukan secara berkelanjutan guna meningkatkan kecerdasan dan keterampilan peserta didik. Salah satu takaran yang digunakan untuk mengukur berkembangnya suatu negara adalah sejauh manakah kemajuan dan berkembangnya sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam negara tersebut. Sedangkan kualitas sumber daya manusia bergantung pada kualitas pendidikan yang dianut oleh bangsa tersebut. Hasil belajar Sejarah Siswa kelas Teknik Gambar Bangunan SMKN Oeolo masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain guru menggunakan metode secara monoton / konvensional. Faktor lain dari siswa yaitu motivasi belajar siswa rendah. Guru hendaknya memilih metode yang tepat sehingga merangsang siswa untuk lebih aktif dalam kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada sub-bab Sejarah Masuknya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia bagi siswa perlu menggunakan Model pembelajaran Group Investigation. Dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation, hasil pembelajaran dapat meningkat. Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk mengidentifikasi masalah, merencanakan, melaksanakan, menyiapkan laporan akhir, memaparkan dan mengevaluasi. Berdasarkan hasil keseluruhan tersebut dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan baik dari segi aktivitas maupun dari segi prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang dapat dilihat dari presentase keberhasilan belajar yaitu pada pra siklus sebesar 68%, pada Siklus I 76 %, lalu meningkat pada Siklus II yaitu 96%. Sehingga dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pembelajaran lebih menyenangkan, kreatif, aktif dan tidak membosankan. Dengan demikian untuk memperoleh hasil belajar yang baik, maka perlu menggunakan model Group Investigation dalam pembelajaran sejarah sub-bab Masuknya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia.
Kata Kunci: Belajar, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Group Investigation, Pembelajaran Sejarah.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIA MAGDALENA BAZ - Personal Name
|
Student ID |
1701090067
|
Dosen Pembimbing |
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1 Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 BAZ P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |