Peran Lingkungan Berbahasa Indonesia Keluarga Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Nunbaun Sabu Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Lingkungan Berbahasa Indonesia Keluarga Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Nunbaun Sabu Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan lingkungan berbahasa Indonesia keluarga dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV di SD Negeri Nunbaun Sabu Kupang serta untuk mengetahui kemampuan membaca siswa kelas IV di SD Negeri Nunbaun Sabu Kupang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Hasil kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemajuan membaca siswa menjadi meningkat dan semakin terampil dalam membaca, karena bantuan peran orang tua yang penuh perhatian dalam mendidik dan membimbing anaknya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil observasi dan hasil tes kemampuan membaca siswa. dimana orang tuanya yang sudah mendidiknya dengan maksimal dari situ dapat kita lihat bahwa peran orang tua sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca dan menulis dan pada pelajaran yang lain. Namun masih terdapat beberapa siswa yang belum terampil membaca. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kurangnya perhatian dan bimbingan dari orang tua di rumah dan juga kurangnya motivasi anak dalam belajar khususnya belajar membaca. Dengan adanya peran orang tua dalam membimbing dan mengajari anaknya membaca di rumah, memenuhi fasilitas anak dan juga perhatian orang tua, maka kemampuan membaca anak menjadi meningkat, meskipun tidak semua anak dapat dibimbing dengan baik oleh orang tua.

Kata kunci : peran lingkungan berbahasa Indonesia keluarga, kemampuan membaca siswa.


Detail Information

Item Type
Penulis
Andi Ridwan Alasa - Personal Name
Student ID
1601140174
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Subyek
No Panggil
86206 Kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA