Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan di Smk Negeri 3 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan di Smk Negeri 3 Kupang

XML

Skripsi ini oleh Patrick Nalle NIM. 1801130014 dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Kupang.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Kupang. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Informatika siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Kupang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitia di SMK Negeri 3 Kupang dengan subjek penelitian peserta didik kelas X Tenik Komputer dan Jaringan. Pengumpulan data diakukan dengan teknik observasi dan tes, sedangkat teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I memenunjukan rata-rata kelas 66,47, selanjutnya dilakukan tindakan pada siklus II dan memperoleh nilai rata-rata kelas 77,21. Maka terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklsus I ke siklus II. Sedangkan Persentase ketuntasan belajar klasikal di siklus I menjadi 47,06%, dan lanjut meningktat menjadi 88,24% di siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran Informatika dapat dikatakan meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Kupang.

Kata Kunci :Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Patrick Nalle - Personal Name
Student ID
1801130014
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
Crispinus Palulus Tamal - 8880990019 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Louis F. Boesday - 19900428 202203 1 002 - Ketua Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 1
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Pat N
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA