Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Kristen Soteria

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Kristen Soteria

XML

Penelitian dilatarbelakangi aspek kongnitif pada pemecahan masalah anak belum optimal dan perlu adanya lingkungan pembelajaran yang dapat merangsang anak dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 4-6 tahun di TK Kristen Soteria. Penerapan pendekatan saintifik memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami, mendapatkan, dan mengolah informasi melalui tahapan mengamati, menanya, menalar, mencoba atau mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan : Observasi, untuk mengamati dan mencatat kemampuan peserta didik dengan pendekatan saintifik. Wawancara, guna mendapatkan informasi langsung dari pihak yang terkait, dalam hal ini adalah wawancara kepada kepala sekolah dan ibu guru. Dokumentasi, yang terdiri dari foto-foto kegiatan anak di Tk Kristen Soteria. Teknik analisis data yakni, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data, menggunakan tiangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia 4-6 tahun di TK Kristen Soteria, dapat dilihat dari cerminan perilaku anak yang mencerminkan sikap ingin tahu dengan melakukan percobaan dengan semua inderanya, sikap kreatif dalam menemukan ide-ide baru, mengetahui cara menyelesaikan masalah sehari-hari, mengenal benda atau objek sekitar dengan bereksplorasi dengan media dan sumber belajar yang dekat dengan anak dan menyajikan bentuk karya dengan menceritakan kembali kegiatan yang sudah dibuat.

Kata Kunci : Pendekatan saintifik, Pemecahan masalah, Anak usia 4-6 tahun


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YOSEFINA LIMA - Personal Name
Student ID
1901180034
Dosen Pembimbing
Vanida Mundiarti - 198003252008122003 - Dosen Pembimbing 1
GALLEX SIMBOLON - 198910042018031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Theodorina N. Seran - 199211092023212039 - Ketua Penguji
Vanida Mundiarti - 198003252008122003 - Penguji 1
Gallex Simbolon - 198910042018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.07 LIM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA