PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK KENCANA SAKTI HAUMENI SOE PADA MATERI TRIGONOMETRI

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK KENCANA SAKTI HAUMENI SOE PADA MATERI TRIGONOMETRI

XML

Pada dasarnya daya hayal peserta didik harus dipacu lewat pengalaman belajar secara kontekstual berbasis teknologi agar peserta didik dapat mengalami secara langsung proses pembelajaran dan menemukan solusi dari masalah yang dialami. Hasil observasi di kelas X SMK Kencana Sakti Haumeni Soe menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah terutama pada materi trigonometri. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X Asisten Perawat 1 SMK Kencana Sakti Haumeni Soe dengan menerapkan pendekatan kontekstual berbantuan GeoGebra pada materi trigonometri.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangmengacu pada model Kemmis & McTaggrat. Analisis data dalam penelitian ini merupakan analisis data kualitatif. Analisis data meliputi analisis lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta analisis data hasil belajar peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontektualberbantuan GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi trigonometri di kelas X SMK Kencana Sakti Haumeni Soe. Hal ini ditandai dengan persentase jumlah peserta didik yang tuntas dari 45,8% pada siklus I meningkat menjadi 83,3% pada siklus II. Skor aktivitas guru mencapai 92,75% pada siklus I dan pada siklus II meningkat 97,2%. Disamping itu, skor aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan yakni 90,5% pada siklus I dan mencapai 97,6% pada siklus II. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbantuan GeoGebradapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMK Kencana Sakti Haumeni Soe pada materi trigonometri.
Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, GeoGebra, Hasil Belajar, Trigonometri


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MIKHE FRISCHALIA SAEKOKO - Personal Name
Student ID
1901030030
Dosen Pembimbing
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Dr. Damianus D. Samo, M.Pd - NIP. 19831231 2012121 003 - - Penguji 1
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Sae P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA