Skripsi
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK KENCANA SAKTI HAUMENI SOE PADA MATERI TRIGONOMETRI
XML
Pada dasarnya daya hayal peserta didik harus dipacu lewat pengalaman belajar secara kontekstual berbasis teknologi agar peserta didik dapat mengalami secara langsung proses pembelajaran dan menemukan solusi dari masalah yang dialami. Hasil observasi di kelas X SMK Kencana Sakti Haumeni Soe menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah terutama pada materi trigonometri. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X Asisten Perawat 1 SMK Kencana Sakti Haumeni Soe dengan menerapkan pendekatan kontekstual berbantuan GeoGebra pada materi trigonometri.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangmengacu pada model Kemmis & McTaggrat. Analisis data dalam penelitian ini merupakan analisis data kualitatif. Analisis data meliputi analisis lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta analisis data hasil belajar peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontektualberbantuan GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi trigonometri di kelas X SMK Kencana Sakti Haumeni Soe. Hal ini ditandai dengan persentase jumlah peserta didik yang tuntas dari 45,8% pada siklus I meningkat menjadi 83,3% pada siklus II. Skor aktivitas guru mencapai 92,75% pada siklus I dan pada siklus II meningkat 97,2%. Disamping itu, skor aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan yakni 90,5% pada siklus I dan mencapai 97,6% pada siklus II. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbantuan GeoGebradapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMK Kencana Sakti Haumeni Soe pada materi trigonometri.
Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, GeoGebra, Hasil Belajar, Trigonometri
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MIKHE FRISCHALIA SAEKOKO - Personal Name
|
Student ID |
1901030030
|
Dosen Pembimbing |
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Dr. Damianus D. Samo, M.Pd - NIP. 19831231 2012121 003 - - Penguji 1 Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Sae P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |