Skripsi
Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Siswa Jurusan IPA Terhadap Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Pada SMA Negeri 8 Kupang
XML
Salah satu pemegang kunci kesuksesan dalam proses pembelajaran adalah kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Kinerja guru merupakan faktor sentral yang diperlukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pelayanan dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini penulis mengimplementasikan Algoritma C4.5 dengan menggunakan aplikasi RapidMiner 9.10. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner google form yang disebarkan kepada siswa dan siswi kelas X, XI dan XII pada SMAN 8 Kupang. sebanyak 892 record. Dataset diproses menggunakan RapidMiner 9.10 menghasilkan 14 rule/aturan keputusan yang menunjukkan bahwa atribut kompetensi profesonal memiliki pengaruh paling besar pada tingkat kepuasan siswa jurusan IPA terhadap kinerja guru dalam proses pembelajaran dan hasil pengujian terhadap model decision tree menggunakan cross validation dan confusion matrix menunjukkan bahwa algoritma C4.5 dapat memberikan nilai accuracy kelas X sebesar 97,91%, kelas XI sebesar 97,99% dan kelas XII sebesar 92,10%.
Kata Kunci: Algoritma C4.5, RapidMiner 9.10, Kepuasaan siswa, Kinerja Guru.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
GERARDUS LASBAUN - Personal Name
|
Student ID |
1706080117
|
Dosen Pembimbing |
Emerensye S. Y. Pandie - 197902212005012002 - Dosen Pembimbing 1
YULIANTO TRIWAHYUADI POLLY - 197807262003121002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Nelci D. Rumlaklak - 198112272014042002 - Ketua Penguji
Adriana Fanggidae - 197811102003122002 - Penguji 1 Juan Rizky Manuel Ledoh - Juan Rizky Manuel Ledoh - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
55201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Sains dan Teknik
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
552.01 LAS P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |