peningkatan hasil belajar bahasa indonesia melalui model pembelajaran problem based lerning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SD GMIT Namosain-Kota Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025

Detail Cantuman

Skripsi

peningkatan hasil belajar bahasa indonesia melalui model pembelajaran problem based lerning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SD GMIT Namosain-Kota Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025

XML

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalaui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD GMIT Namosain” dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca dan sikap kerjasama siswa kelas IV SD GMIT Namosain. Proses pembelajaran yang dilakukan guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa, salah satunya model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD GMIT Namosain melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model PBL diharapkan mampu meningkatkan keaktifan, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model kemmis dan Mc Tanggart yang dilakukan melalaui dua siklus. Hasil perolehan nilai tes kemampuan membaca siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 71,74 dengan presentase ketuntasan sebesar 85 % dan siklus II dengan rata- rata 88,70 dengan presentase ketuntasan sebesar 92 %. Maka dapat disimpulkan bahwa memalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), hasil belajar, Bahasa Indonesia, penelitian tindakan kelas (PTK).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ESTHEFANIA IDE RIWU - Personal Name
Student ID
2101140142
Dosen Pembimbing
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 1
Rista A. Devi - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
MARKUS SAMPE - - Penguji 1
Rista A. Devi - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidkan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 RIW P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA