Skripsi
Peningkatan Prestasi Belajar Ipas Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SD GMIT Kuanfatu Kabupaten TTS
XML
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas IV SD GMIT Kuanfatu. Instrument penelitian yang digunakan berupa soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai daya serap individu, ketuntasan belajar klasikal, dan persentase daya serap klasikal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Gmit Kuanfatu. Hal ini dilihat dari hasil aktivitas dan tes siswa pada siklus pertama dengan persentase daya serap 46% dan ketuntasan belajar 15%, dan pada siklus kedua meningkat dengan persentase daya serap 84,33% dan ketuntasan belajar 100%. Beberapa kendala yang ditemukan dalam penerapan model ini di antaranya aktivitas siswa dalam kegiatan kelompok belum menunjukkan kerjasama yang baik, masih ada anggota yang kurang aktif, serta masih ada siswa yang kesulitan mengerjakan soal tetapi masih pasif.
Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Prestasi Belajar, Perubahan Wujud Benda
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RAMBU BAURU MALA - Personal Name
|
Student ID |
2001140165
|
Dosen Pembimbing |
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 MAL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |