Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 9 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 9 Kupang

XML

ABSTRAK

Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Kupang, dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat belajar sejarah, dimana pada penelitian ini diterapkannya model pembelajaran cooperative script dengan materi pembelajaran proklamasi kemerdekaan Indonesia.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas hal ini dilatar belakangi kurangnya penerapan model pembelajaran yang bervariasi oleh guru, sehingga peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajar pada mata pembelajaran sejarah masih kurang memuaskan.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanamodel pembelajaran cooperative script dalam peningkatkan hasil belajar siswa pada mata sejarah di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Kupang.Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran cooperative script, ini dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelasyang dilakukan persentase nilai setiap siklus yang diperoleh. Peningkatan hasil belajar 25 peserta didik dapat dilihat sebagai berikut: pada pra-siklus mencapai nilai KKM terdapat 10 orang peserta didik dengan angka persentase (37,03%) sedangkan yang tidak tuntas KKM sebanyak 15 orang peserta didik dengan angka persentase (62.94%), selanjutnya diterapkan pada siklus I ternyata mengalami peningkat yang cukup bagus dengan jumlah peserta didik yang sama yaitu 25 orang dan jumlah sisiwa yang tuntas KKM adalah sebanyak 15 orang peserta didik dengan angka persentase (55,55%), sedangkan yang tidak tuntas KKM berjumlah 12 orang dengan angka persentase (44,44%) dan dilanjutkan pada siklus II peningkatan hasil belajar serta keaktifan siswa juga semakin tinggi, dimana jumlah siswa yang tuntas adalah 25 orang dengan kata lain semuanya tuntas KKM dengan angka persentase 100%. Kemudian observasi aktivitas belajar siswa dan guru juga mengalami peningkatan, dimana aktivitas siswa padaa siklus I dengan angka persentase 59,5% dan aktivitas guru dengan angka persentase 65,0%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat bagus yaitu pada aktivitas siswa dengan angka persentase 94,25% dan pada aktivtas guru mencapai angka persentase 87,5%. Dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Kupang.
Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah; Hasil Belajar; Model pembelajaran cooperative script.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Orince Banoet - Personal Name
Student ID
1901090106
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susilo S. Utomo S.Pd, M.Pd - 198906242014041001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
pendidikan sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 kue s
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA