PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA NEGERI 8 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA NEGERI 8 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 8 Kupang pada materi momentum dan impuls melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang di laksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas X MIPA 2 yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep Momentum dan Impuls. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi aktivitas siswa dan guru, tes prestasi belajar, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran PBL meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada Siklus I, rata-rata nilai siswa adalah 71,23 dengan ketuntasan klasikal 76,67%. Kendala utama meliputi diskusi kelompok yang kurang efektif, pembagian peran yang belum jelas, dan kurangnya kepercayaan diri siswa saat mempresentasikan hasil. Untuk mengatasi hal ini, perbaikan dilakukan pada Siklus II sebagai berikut: Mengorientasikan siswa pada masalah: Guru memberikan konteks masalah yang lebih menarik dan relevan untuk memotivasi siswa. Mengorganisasikan siswa untuk belajar: Panduan peran kelompok dan template diskusi digunakan untuk memastikan setiap anggota berkontribusi aktif. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok: Guru memberikan bimbingan intensif selama diskusi kelompok untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya: Teknik motivasi dan penguatan diberikan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam presentasi. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah: Sesi tanya-jawab yang lebih interaktif diterapkan untuk melibatkan seluruh siswa dalam refleksi pembelajaran. Sehingga, rata-rata nilai meningkat menjadi 85,37 dengan ketuntasan klasikal mencapai 93%, dan keaktifan siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan. Perbaikan yang dilakukan pada setiap sintaks PBL terbukti meningkatkan efektivitas pembelajaran dan keterlibatan siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran, Problem Based Learning, Momentum, Impuls


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
CHANDY GREVALDO ADU - Personal Name
Student ID
1901050071
Dosen Pembimbing
Drs. Fakhruddin, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Drs. Fakhruddin, M.Si - 19681226 199403 1 002 - Penguji 1
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Adu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA