PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA SISWA KELAS IV UPTD SD INPRES PERUMNAS 2

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA SISWA KELAS IV UPTD SD INPRES PERUMNAS 2

XML

Penelitian dilaksanakan di UPTD SD Inpres Perumnas 2, dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa yang terdiri atas 17 orang siswa laki-laki, dan 13 orang siswa perempuan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa terdapat 13 siswa (43,33%) yang telah dinyatakan tuntas, karena selama kegiatan proses pembelajaran berlangsung siswa selalu mendengar penjelasan guru serta mampu bekerja sama dalam kelompok, dan mengerjakan soal evaluasi dengan baik. Namun 17 siswa lainnya (56,67%) belum dinyatakan tuntas karena siswa tidak fokus selama pembelajaran, dan siswa juga belum mampu memahami soal evaluasi yang dikerjakan. Selain siswa, guru juga belum menerapkan model Problem Based Learning secara maksimal karena tidak konsisten dengan waktu pembelajaran. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah mulai meningkat, hal ini ditunjukkan dengan terdapat 26 siswa (86,67%) telah dinyatakan tuntas, karena siswa sangat aktif selama proses pembelajaran, seperti siswa sudah mampu bertanya kepada guru, bahkan selama diskusi siswa mampu memberikan ide dan pendapat. Siswa juga mengerjakan soal evaluasi dengan sangat baik, sehingga mendapatkan hasil belajar
yang baik. Sedangkan 4 siswa lainnya (13,33%) belum dinyatakan tuntas, karena tidak mampu memberikan pendapat dan solusi saat diskusi, saling menganggu teman kelompok yang lain, dan bahkan tidak mampu mengerjakan soal evaluasi dengan baik, untuk itu keempat orang tersebut diberikan remedial oleh guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian, dan pembahasan diatas maka disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV di UPTD SD Inpres Perumnas 2 telah mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II melalui penerapan model Problem Based Learning, dengan persentase ketuntasan belajar yaitu 86,67% dan masuk dalam kriteria baik sekali.

Kata kunci: Problem Based Learning, Kekayaan Budaya Indonesia, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Viola Alexiani Koehoea - Personal Name
Student ID
2101140034
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Koe P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA