Skripsi
PEMBIASAAN KARAKTER GOTONG ROYONG DAN MANDIRI SISWA KELAS VII DALAM ASPEK PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKN DI SMPN 8 KUPANG
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembiasaan karakter gotong royong dan mandiri pada siswa kelas VII dalam konteks perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMPN 8 Kupang. Fokus utama penelitian ini adalah pada dua permasalahan, yaitu: (1) bagaimana cara menumbuhkan kesadaran gotong royong dan kemandirian siswa dalam konteks perencanaan pembelajaran PPKn, dan (2) bagaimana bentuk-bentuk pembiasaan karakter gotong royong dan mandiri yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran PPKn. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penumbuhan kesadaran gotong royong dan mandiri dilakukan melalui pelibatan aktif siswa dalam penyusunan rencana pembelajaran, pembentukan kelompok kerja, dan penugasan yang mendorong tanggung jawab individu maupun kolektif. Adapun pembiasaan karakter tersebut tampak dalam praktik kolaboratif di kelas, kegiatan diskusi kelompok, proyek bersama, serta refleksi individu yang rutin dilakukan. Temuan ini menegaskan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berbasis nilai karakter mampu memperkuat pembentukan karakter siswa secara berkelanjutan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Margaretha Teluma - Personal Name
|
Student ID |
2101070056
|
Dosen Pembimbing |
Fredik L. Kollo - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 1
Fadil Mas'ud - 199003052023211022 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Ly - 19591221 198601 1 002 - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Uma P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |