Skripsi
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL ANGKA DI TK ST. ALOYSIUS GONZAGA
XML
Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa sebagian besar anak belum mampu mengenal angka dengan baik, ditandai dengan kesulitan menyebutkan urutan angka, mengenal bentuk, dan menulis angka 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak usia 5-6 tahun di TK St. Aloysius Gonzaga. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 15 anak yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired t-test dan uji N-Gain dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan data pretest di peroleh total skor 114 dan posttest diperoleh total skor 267. Hasil uji paired t-test menunjukkan nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari taraf signifikan (α=0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sementara itu, uji N-Gain menunjukkan skor rata-rata sebesar 82,21%, yang termasuk dalam kategori efektif. Hal ini mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kemampuan mengenal angka sebelum dan sesudah penggunaan media ular tangga. Dengan demikian, media permainan ular tangga dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga efektif dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka di TK St. Aloysius Gonzaga.
Kata Kunci: Media ular tangga, kemampuan mengenal angka, anak usia dini
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Agnes Sane Seran - Personal Name
|
Student ID |
2101180068
|
Dosen Pembimbing |
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
Ronald D.A. Fufu - 199210132019031012 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Credo G. Betty - 199012252018031001 - Ketua Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 1 Ronald D. A Fufu - 199210132019031012 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.07 Ser E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |