Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Menjaga Dan Melestarikan Keragaman Budaya Di Kelas V SD Inpres Kuanino 3 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Menjaga Dan Melestarikan Keragaman Budaya Di Kelas V SD Inpres Kuanino 3 Kota Kupang

XML

Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Menjaga dan Melestarikan Keragaman Budaya di Kelas V SD Inpres Kuanino 3 Kota Kupang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil belajar peserta didik tentang menjaga dan melestarikan keragaman budaya di kelas V SD Inpres Kuanino 3. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Kuanino 3 Kota Kupang Kelas V A dan V B Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian eksperimen quasi pretest-posttest control group. Kelas eksperimen menggunakan model Project Based Learning, sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional Problem Based Learning. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 47,2 dan kelas kontrol 34,8. Setelah diberikan perlakuan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 83,8, sedangkan kelas kontrol mencapai 69,8. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung = -21,517 lebih besar dari ttabel = 2,064, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Project Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik.

Kata kunci:Penelitian Kuantitatif, Project Based Learning, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SALSABILLAH DARMAWATI - Personal Name
Student ID
2101140027
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 DAR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA