Skripsi
Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Menjaga Dan Melestarikan Keragaman Budaya Di Kelas V SD Inpres Kuanino 3 Kota Kupang
XML
Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Menjaga dan Melestarikan Keragaman Budaya di Kelas V SD Inpres Kuanino 3 Kota Kupang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil belajar peserta didik tentang menjaga dan melestarikan keragaman budaya di kelas V SD Inpres Kuanino 3. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Kuanino 3 Kota Kupang Kelas V A dan V B Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian eksperimen quasi pretest-posttest control group. Kelas eksperimen menggunakan model Project Based Learning, sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional Problem Based Learning. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 47,2 dan kelas kontrol 34,8. Setelah diberikan perlakuan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 83,8, sedangkan kelas kontrol mencapai 69,8. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung = -21,517 lebih besar dari ttabel = 2,064, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Project Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata kunci:Penelitian Kuantitatif, Project Based Learning, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SALSABILLAH DARMAWATI - Personal Name
|
Student ID |
2101140027
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1 Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 DAR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |