Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dengan Bantuan Animasi terhadap Daya Tarik dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V UPTD SD Inpres Palsatu Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dengan Bantuan Animasi terhadap Daya Tarik dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V UPTD SD Inpres Palsatu Kota Kupang

XML

Swanira Toh, 2025. Skripsi. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation
dengan Bantuan Media Animasi terhadap Daya Tarik dan Hasil Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V UPTD SD Inpres Palsatu Kota Kupang. Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Nusa Cendana Kupang.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya tarik belajar dan hasil belajar
siswa. Hal ini diduga disebabkan oleh minimya variasi, inovasi serta kreativitas dalam
penggunaan model dan media dalam pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, Penelitian ini
bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran
Group Investigation (GI) dengan bantuan media animasi terhadap daya tarik dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V di UPTD SD Inpres Palsatu
Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan menggunakan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari satu
kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model
pembelajaran GI dengan bantuan media animasi.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner daya tarik belajar dan tes
hasil belajar pada pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberi perlakukan pada daya tarik belajar
dan hasil belajar siswa di kelas eksperimen. Nilai signifikansi yang diperoleh pada daya
tarik belajar adalah 0.002 dan nilai hasil belajar adalah sebesar 0.000 (p < 0.05), yang
menunjukkan bahwa model pembelajaran GI dengan media animasi memiliki pengaruh
positif yang signifikan terhadap daya tarik dan hasil belajar siswa.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H
a
diterima dan H
0
ditolak yang
artinya model pembelajaran GI dengan bantuan media animasi memberikan pengaruh yang
positif terhadap daya tarik belajar dan hasil belajar siswa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Swanira Toh - Personal Name
Student ID
2101140111
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 19591211986011002 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Ketua Penguji
Dr. Petrus Ly, M.Si - 19591211 198601 1 002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Toh P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA