Skripsi
Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Konteks Pembelajaran Kimia Hijau Untuk Siswa Kelas X SMA/MA
XML
Telah dilakukan pengembangan e-modul berbasis prjocet based learning dengan menggunakan aplikasi canva dalam konteks pembelajaran kimia hijau untuk siswa kelas X SMA/MA. Tujuan penelitian ini yaitu 1). untuk mengetahui wujud pengembangan e-modul berbasis prjocet based learning dengan menggunakan aplikasi canva dalam konteks pembelajaran kimia hijau untuk siswa kelas X SMA/MA, 2). untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan e-modul berbasis prjocet based learning dengan menggunakan aplikasi canva dalam konteks pembelajaran kimia hijau untuk siswa kelas X SMA/MA, 3). untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan e-modul berbasis prjocet based learning dengan menggunakan aplikasi canva dalam konteks pembelajaran kimia hijau untuk siswa kelas X SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Validasi expert dilakukan oleh 2 ahli instrumen, 3 ahli materi dan 3 ahli media. Kemudian validasi empirik dilakukan melalui uji coba e-modul kepada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Kupang, dimana uji coba kelompok kecil melibatkan 9 orang peserta didik kelas XI B dan uji coba kelompok besar melibatkan 30 orang peserta didik kelas XI A. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengembangan e-modul berbasis PjBL dengan menggunakan aplikasi canva dalam konteks pembelajaran kimia hijau berbentuk link website; 2) hasil penilaian ahli materi dikategorikan sangat valid dengan presentase keseluruhan sebesar 92,55% dan penilaian ahli media dikategorikan sangat valid dengan presentase keseluruhan sebesar 94,22%. Hasil penilian peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dikategorikan sangat baik dengan presentase keseluruhan secara berturut-turut sebesar 96,38% dan 94,91%. Dengan demikian e-modul berbasis PjBL dengan menggunakan aplikasi canva dalam konteks pembelajaran kimia hijau untuk siswa kelas X SMA/MA layak digunakan untuk menunjang pembelajaran kimia.
Kata kunci: Pengembangan, e-modul, PjBL, canva, kimia hijau
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
FLORIDA FITRIYANTI TAE - Personal Name
|
Student ID |
2101060038
|
Dosen Pembimbing |
SUDIRMAN - 197008172006041022 - Dosen Pembimbing 1
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
NI WAYAN O. A. C. DEWI - - Ketua Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 1 Sudirman - 197008172006041022 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Kimia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 TAE P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |