Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Konteks Pembelajaran Kimia Hijau Untuk Siswa Kelas X SMA/MA

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Konteks Pembelajaran Kimia Hijau Untuk Siswa Kelas X SMA/MA

XML

Telah dilakukan pengembangan e-modul berbasis prjocet based learning dengan menggunakan aplikasi canva dalam konteks pembelajaran kimia hijau untuk siswa kelas X SMA/MA. Tujuan penelitian ini yaitu 1). untuk mengetahui wujud pengembangan e-modul berbasis prjocet based learning dengan menggunakan aplikasi canva dalam konteks pembelajaran kimia hijau untuk siswa kelas X SMA/MA, 2). untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan e-modul berbasis prjocet based learning dengan menggunakan aplikasi canva dalam konteks pembelajaran kimia hijau untuk siswa kelas X SMA/MA, 3). untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan e-modul berbasis prjocet based learning dengan menggunakan aplikasi canva dalam konteks pembelajaran kimia hijau untuk siswa kelas X SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Validasi expert dilakukan oleh 2 ahli instrumen, 3 ahli materi dan 3 ahli media. Kemudian validasi empirik dilakukan melalui uji coba e-modul kepada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Kupang, dimana uji coba kelompok kecil melibatkan 9 orang peserta didik kelas XI B dan uji coba kelompok besar melibatkan 30 orang peserta didik kelas XI A. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengembangan e-modul berbasis PjBL dengan menggunakan aplikasi canva dalam konteks pembelajaran kimia hijau berbentuk link website; 2) hasil penilaian ahli materi dikategorikan sangat valid dengan presentase keseluruhan sebesar 92,55% dan penilaian ahli media dikategorikan sangat valid dengan presentase keseluruhan sebesar 94,22%. Hasil penilian peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dikategorikan sangat baik dengan presentase keseluruhan secara berturut-turut sebesar 96,38% dan 94,91%. Dengan demikian e-modul berbasis PjBL dengan menggunakan aplikasi canva dalam konteks pembelajaran kimia hijau untuk siswa kelas X SMA/MA layak digunakan untuk menunjang pembelajaran kimia.

Kata kunci: Pengembangan, e-modul, PjBL, canva, kimia hijau


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FLORIDA FITRIYANTI TAE - Personal Name
Student ID
2101060038
Dosen Pembimbing
SUDIRMAN - 197008172006041022 - Dosen Pembimbing 1
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
NI WAYAN O. A. C. DEWI - - Ketua Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 1
Sudirman - 197008172006041022 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 TAE P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA