Skripsi
Penggunaan Model Inkuiri Dalam Pembelajaran Tentang Bagian-Bagian Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SD GMIT Oebufu No 7 Kota Kupang
XML
Penelitian ini dilaksanakan di SD Gmit Oebufu No 7 Kota Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus 1 dari jumlah 23 orang yang tuntas 14 orang dengan presentase ketuntasan 61%. keberhasilan belajar siswa tersebut karena siswa fokus mendengarkan penjelasan guru, melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran dan mampu meneyelesaikan soal yang diberikan guru. Aktivitas guru siklus I mencapai 70% dengan kriteria baik. Aktivitas siswa mencapai 62,60% dengan kriteria Cukup. ketidakberhasilan belajar siswa tersebut di pengaruhi oleh faktor tidak adanya bahan ajar,media pembelajaran yang kurang memadai, serta siwa yang tidak fokus dalam pembelajaran di kelas sehingga kurang memahami materi yang diberikan. Siklus II jumlah siswa yang tuntas 22 orang dengan persentase 96%. Aktivitas guru siklus II meningkat menjadi 90% dengan kriteria Sangat Baik.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri dalam pembelajaran tentang bagian-bagian tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Gmit 07 Oebufu Kota Kupang dapat meningkatkan nilai maksimal ketuntasan pada siklus II yakni 90% dengan demikian pembelajaran menggunakan Model Inkuiri Interaktif dan sangat Efektif.
Kata Kunci: Model Inkuiri,bagian-bagian tumbuhan, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ANJELINA LOMU MUDA - Personal Name
|
Student ID |
1801140061
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 MUD P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |