Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Fatuleu
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi laju reaksi terhadap keterampilan komunikasi peserta didik kelas XI IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Sampel dipilih menggunakan teknik purpose sampling, dan dipilih sampel 2 kelas yaitu kelas XI IPA 4 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 1 (sebagai kelas kontrol). Metode pengumpulan data yaitu lembar observasi keterampilan komunikasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji independent sample t-test menggunakan program SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukan perbedaan rata-rata keterampilan peserta didik yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan dengan kelas kontrol, yaitu 60,43 untuk kelas eksperimen dan 51,85 untuk kelas kontrol. Hasil analisis uji-t juga mendapat nilai yang signifikan, yaitu 0,006 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi laju reaksi berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Fatuleu.
Kata kunci : Keterampilan komunikasi, Lembar Kerja Peserta Didik, Two Stay Two Stray
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
CITRA NATALSA RIHI - Personal Name
|
Student ID |
1901060026
|
Dosen Pembimbing |
SUDIRMAN - 197008172006041022 - Dosen Pembimbing 1
Dorthea M. W. Nay - 199305022022032021 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Sudirman, S.Pd., M.Pd - 19700817 200604 1 022 - Ketua Penguji
Dorthea M. W. Nay - 199305022022032021 - Penguji 1 Arvinda C. Lalang, S.Pd., M.Pd - 19920723 201903 2 023 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Kimia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 RIH P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |