Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pengukuran Panjang Dan Satuan Baku Siswa Kelas III SD Inpres Kelle
XML
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pembelajaran matematika pada materi pengukuran panjang dan satuan baku di kelas III SD Inpres Kelle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa kelas III SD Inpres Kelle. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif dan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, hasil pre-test rata-rata nilai siswa adalah 32,5 dengan persentase ketuntasan 0%, sedangkan hasil post-test pada siklus I menunjukkan rata-rata nilai 63,75 dengan persentase ketuntasan 37,5% (3 siswa tuntas). Pada siklus II, hasil pre-test rata-rata nilai siswa adalah 65 dengan persentase ketuntasan 50%, sedangkan hasil post-test dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 88,75 dengan persentase ketuntasan 100% (semua siswa tuntas) dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pengukuran panjang dan satuan baku di kelas III SD Inpres Kelle.
Kata kunci : pembelajaran contextual teaching and learning; hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
JISKA THIULISA BABYS - Personal Name
|
Student ID |
2001140076
|
Dosen Pembimbing |
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Wara Sabon Dominikus,M.Sc - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 1 Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 BAB P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |