Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pengukuran Panjang Dan Satuan Baku Siswa Kelas III SD Inpres Kelle

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pengukuran Panjang Dan Satuan Baku Siswa Kelas III SD Inpres Kelle

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pembelajaran matematika pada materi pengukuran panjang dan satuan baku di kelas III SD Inpres Kelle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa kelas III SD Inpres Kelle. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif dan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, hasil pre-test rata-rata nilai siswa adalah 32,5 dengan persentase ketuntasan 0%, sedangkan hasil post-test pada siklus I menunjukkan rata-rata nilai 63,75 dengan persentase ketuntasan 37,5% (3 siswa tuntas). Pada siklus II, hasil pre-test rata-rata nilai siswa adalah 65 dengan persentase ketuntasan 50%, sedangkan hasil post-test dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 88,75 dengan persentase ketuntasan 100% (semua siswa tuntas) dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pengukuran panjang dan satuan baku di kelas III SD Inpres Kelle.
Kata kunci : pembelajaran contextual teaching and learning; hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
JISKA THIULISA BABYS - Personal Name
Student ID
2001140076
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Wara Sabon Dominikus,M.Sc - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 1
Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BAB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA