Skripsi
Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Tentang Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas V SD Negeri Nunufafi Kabupaten TTU
XML
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Nunufafi ,Kabupaten Timor Tengah Utara, dengan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pada Siklus I dari 14 orang yang tuntas 5 orang (35,71%), tuntas karena memperhatikan penjelsan guru, tidak bermain pada saat pembelajaran berlangsung, mampu bekerja sama dalam kelompok, aktif dalam berdiskusi, melaporkan hasil diskusi, mengerjakan soal tes dengan benar. Sedangkan yang tidak tuntas 9 orang (64,28%), dinyatakan belum tuntas karena tidak memperhatikan guru saat menjelasakan pembelajaran berlangsung,tidak bekerja sama saat berdiskusi, suka mengganggu teman, belum sepenuhnya mengikuti pembelajaran dengan baik. Kekurangan guru yakni belum sepenuhnya menguasai kelas, guru kurang membimbing peserta didik pada saat kerja kelompok, guru kurang mengelolah kelas dengan baik. Selanjutnya Siklus II dari 14 orang peserta didik, dinyatakan tuntas berjumlah 13 orang (92,85%), karena siswa tidak asik sendiri, saling bekerja sama dalam kelompok, melaporkan hasil kerja sama kelompok di depan kelas dan susah bisa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Siswa percaya diri untuk memberikan pendapat atau menanyakan materi yang belum dipahami, mampu mengerjakan soal evaluasi dengan benar. Sedangkan yang tidak tuntas 1 orang (7,14%) dikarenakan siswa masih assik sendiri, tidak memperhatikan guru saat menjelaskan pembelajaran. Untuk 1 orang yang tdak tuntas pada siklus II akan diberikan remidial oleh guru kelas.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pebelajaran problem based learning pada pembelajaran tentang nilai-nilai pancasila di kelas V SD Negeri Nunufafi kab TTU, dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci : Problem Based Learning,Nilai-nilai Pancasila, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
KRISWINDA NAITILI - Personal Name
|
Student ID |
2001140150
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Dra. Paulina Riwu Ga, S.Pd, M.Pd NIP 196006281986032001 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 NAI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |