Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gelombang Bunyi Siswa Kelas XI B SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Flobamorata Kupang
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika pada materi gelombang bunyi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI B SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Flobamorata Kupang yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas melalui dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian didapatkan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 66 dan ketuntasan klasikalnya 44%, Siklus II rata-rata hasil belajar siswa 84,2 dan ketuntasan klasikalnya 88%. Hasil analisis data didapatkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi.
Kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Materi Gelombang Bunyi.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YEHUS NEONUFA - Personal Name
|
Student ID |
2101050018
|
Dosen Pembimbing |
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
Jannes Bastian Selly - 19920604 202203 1 007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Jannes Bastian Selly - - Penguji 1 Fakhruddin - 196812261994031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 NEO P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |