Skripsi
Pengembangan E-Modul Berbasis Exe-Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 13 Kota Kupang
XML
Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan e-modul berbasis exe-learning pada materi keragaman alam Indonesia untuk siswa kelas VIII SMP/Mts. Penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tujuan dari penelitian ini 1) Untuk mengetahui proses pengembangan e-modul berbasis exe-learning pada mata pelajaran IPS. 2) Untuk mengetahui kelayakan dari e-modul berbasis exe learning pada mata pelajaran IPS. 3) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap emodul berbasis exe learning pada mata pelajaran IPS. Media pembelajaran yang dikembangkan sudah divalidasi oleh 2 ahli materi dan satu ahli media, kemudian diuji cobakan kepada kelompok kecil sebanyak 9 peserta didik, dan uji coba kelompok besar 30 peserta didik. Uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dilakukan di kelas VIII F SMPN 13 Kupang. Tingkat kelayakan berdasarkan hasil penilaian validator ahli materi 91,15% dan ahli media 71,67%sedangkan respon siswa terhadap e-modul berbasis exelearning yaitu pada uji coba kelompok kecil diperoleh 84,44% dan uji coba kelompok besar diperoleh 90,49%. Berdasarkan penilian tersebut maka e-modul berbasis exe-learning dikategorikan sangat baik (SB). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis exe-learning pada materi keragaman alam Indonesia untuk siswa kelas VIII SMP/Mts layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar dalam mempelajari materi keragaman alam Indonesia.
Kata kunci: Pengembangan, E-Modul, Exe-Learning, Keragaman Alam
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
KAROLINA SURYANTI SALJU - Personal Name
|
Student ID |
2101100061
|
Dosen Pembimbing |
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Dosen Pembimbing 1
SUKMAWATI - 198909172022032006 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Ketua Penguji
Sukmawati - 19890917 202203 2 006 - Penguji 1 ERRY ERSANI - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.02 SAL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |