PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SD INPRES OEPURA, 2 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SD INPRES OEPURA, 2 KOTA KUPANG

XML

Skripsi oleh Afriyati Abdullah Nim 2101140037, dengan judul “Penerapan Metode Surey,Question, Read, Recite,And Review (SQ3R) Dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI SD Inpres Oepura 2 Kota Kupang”. Dengan rumusan masalah : Apakah Penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI SD Inpres Oepura 2 Kota Kupang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI SD Inpres Oepura 2 Kota Kupang dengan menggunakan metode SQ3R. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan tes, Refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SD Inpres Oepura 2. Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,tes dan wawancara. Data yang diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan awal dalam memahami isi teks bacaan “Legenda Putri Komodo” , pada siklus I ketuntasan yang diperoleh 29% atau siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 5 orang, sedangkan yang belum mencapai Kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran sebanyak 71% dengan jumlah siswa 12 orang. Selain itu, terdapat peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa dari 60,58 pada siklus I menjadi 88,82 pada siklus II.Berdasarkan rumusan masalah pada skripsi, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, And Review (SQ3R) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI SD Inpres Oepura 2 Kota Kupang terbukti berhasil. Hal ini terbukti dengan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II setelah guru menerapkan metode SQ3R dalam proses pembelajaran membaca pemahaman.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Teks Bacaan, Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite,and Review).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
AFRIYATI ABDULLAH - Personal Name
Student ID
2101140037
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Markus Sampe S.Pd, M.M - 196406061999021004 - Penguji 1
Dr. Marselus.Robot, M. S - 196106011990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Abd P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA