Skripsi
Survei Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Di Sekolah SMK N 3 Kupang
XML
Pentingnya motivasi dalam suatu hal yang baru terutama dalam hal belajar sangat diperlukan bagi peserta didik, dengan bantuan motivasi, siswa mampu menjadi penggerak dalam diri siswa itu sendiri, dimana siswa akan memiliki tujuan belajar yang dikehendaki guru olahraga. Pemberian motivasi ini guna untuk siswa lebih mendalami apa yang sedang ia lakukan pada saat itu. Dengan kata lain motivasi diberikan untuk siswa agar lebih mengetahui tujuan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah. Berdasarkan studi kepustakaan terdahulu, beberapa penelitian motivasi hanya mencakup Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji serta menganalisis motivasi siswa dan siswi SMK N 3 Kupang dalam mengikuti PJOK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dimana subjek penelitian berjumlah 100 responden terdiri dari kelas X dengan menggunakan pengambilan sampel purposive sampling. Instrument tes yang dipilih adalah menggunakan angket berbasis offline.
Hasil penelitian dari 100 responden membuktikan bahwa tingkat motivasi peserta didik kelas X pada pembelajaran PJOK adalah berkategori sangat tinggi dengan rincian: 37 (37%) peserta didik bermotivasi sangat tinggi, 35 (35%) peserta didik bermotivasi tinggi, 21 (21%) peserta didik bermotivasi sedang, 7 (7%) peserta didik bermotivasi rendah, dan 0 (0%) bermotivasi sangat rendah. Dari hasil itu, dapat disimpulkan bahwa motivasi peserta didik pada pembelajaran PJOK sangat tinggi.
Kata Kunci : Motivasi, Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehtan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
PACE PAULUS TUNGGA - Personal Name
|
Student ID |
2001150036
|
Dosen Pembimbing |
Maria Andriani Barek Ladjar - 199003262019032015 - Dosen Pembimbing 1
RATNO SUSANTO - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
ERWIN S NEOLAKA - - Ketua Penguji
Maria Andriani Barek Ladjar - 19900326201932015 - Penguji 1 Ratno Susanto - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
85201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
852.01 TUN S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |